Komponen Pada Mobil F1 Ternyata Mahal Lho, Simak Yuk Ulasannya

Sering dijuluki sebagai jet darat, mobil-mobil yang digunakan di ajang Formula One memang melaju kencang layaknya sebuah pesawat jet. Betapa tidak, mobil tersebut dapat meraih kecepatan maksimal hingga diatas 350 km/jam.

 Untuk berlari secepat itu, satu unit mobil F1 dilengkapi ratusan komponen yang memiliki fungsinya masing-masing agar dapat memenuhi keinginan si pembalap dan timnya. Namun siapa sangka, selain menghabiskan ongkos riset yang tinggi, komponen yang menyusun mobil tersebut menjadi satu kesatuan juga dibanderol dengan harga fantastis.

Kali ini, kita bakal membahas komponen mobil termahal yang ada pada mobil F1 simak ulasannya sampai tuntas ya!

Mesin

Tentu di setiap kendaraam, mesin seperti jantung bagi manusia para teknisi bekerja siang malam untuk menemukan setelan yang pas agar monil dapat berlari sekencang mungkin. Salah satu yang menjadikan pembuatan mobil F1 sangatlah mahal adalah karena mesin tersebut tidak diproduksi secara masal. Tak seperti mesin mobil yang kamu gunakan sehari-hari ini termasuk biaya riset dan pengembangannya.

Satu unit mesin menghasilkan total biaya hingga 10,5 juta USD atau 152 milyar rupiah. Jika diibaratkan membangun mesin 1,6 liter turbochaged tersebut sama dengan kamu membeli satu kompleks perumahan kelas menengah. Namun harga begitu belum termasuk biaya tambahan lain, jika saja si pembalap merasa kurang sreg ia akan berdiskusi dengan mekanik untuk menemukan racikan yang sesuai dengan keinginannya.

Tangki Bahan Bakar

Dalam satu balapan mobil F1 diperbolehkan mengangkut 110 kg bahan bakar, tak seperti ajang balap lainnya regulasi F1 melarang pembalap masuk pit untuk melakukan pengisian ulang bahan bakar. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari kebakaran, karena proses pengisian yang terlalu cepat. Namun disisi lain tim juga memikirkan kemungkinan tersebut dengan membangun tangka bahan bakar seaman mungkin dengan kisaran harganya 2 milyar rupiah.

Setir

Sama seperti di mobil Anda, setir berfungsi untuk mengatur arah laju kendaraan nah jika mobil Anda memiliki fungsi tambahan seperti emmutar music favorit atau mentok-mentok mengatur informasi di panel instrument. Setir yang akan kita bahas kali ini sangatlah berbeda, nyaris semua control berada di setir.

Mulai dari control komunikasi radio, lalu mengganti gigi transmisi fitur pagestop hingga fitur mengatur sayap mobil untuk kestabilan dikendalikan dari sini. Meski setiap tim memiliki pengaturan yang berbeda namun biaya yang dikeluarkan tetaplah sangat mahal dengan fitur setir F1 yang memiliki puluhan tombol ini berada di kisaran 800 juta rupiah.

6 Fakta Menarik Seputar Otomotif yang Perlu Anda Ketahui 

Dunia otomotif memang tidak akan habis untuk terus di perbincangkan, mulai dari inovasin yang tebaru hingga teknologi yang semakin canggih.Tahukah Anda, segudang fakta menarik turut mengiringi dunia otomotif, dari dahulu hingga sekarang. Berikut ini beberapa fakta menarik di dalamnya.  

1. Mobil Bensin Pertama 

Mobil bahan bakar bensin pertama dikembangkan oleh Carl Benz pada tahun 1885. Insinyur otomotif asal Jerman ini menciptakan mobil 1 silinder denghan kecepatan 16 km per jam. Mobil ini memiliki bentuk yang unik seperti roda tiga. 

2. Konsep Mobil Listrik 

Ternyata konsep mobil listrik sudah ada sejak 1800 an, Anyos Istvan Jedlik merupakan salah seorang yang memiliki andil besar dalam mengembangkan inovasi mobil listrik. Pada tahun 1828. Penemu asal Hongaria ini membuat motor listrik untuk menggerakan kereta kudanya. 

3. Sinyal Lalu Lintas Listrik Pertama 

Cleveland Di Ohio, yang merupakan negara bagian AS ternyata merupakan Kota pertama di dunia yang memasang sinyal lalu lintas listrik. Sinyal listrik pertama tersebut di pasang di sudut Euclid Avenue dan East 105th pada tahun 1914 . 

4. Perjalanan Jauh Pertama 

Ternyata perjalanan jarak jauh di dunia ternyata di lakukan oleh Berta Bhenz bersama kedua anaknya, Eugen dan Richard pada tahun 1888. Istri Carl Benz dan kedua anaknya menempuh rute sejauh 180 kilometer dari Mannheim ke Pforzheim dan kembali pulang tanpa masalah. 

5. Mengubah Jalur Kendaraan 

Swedia merupakan negara yang pertama mengubah jalur rute dari kir ke kanan, hari pengubahan jalur tersebut di kenal dengan Hogertrafikomlagningen. Selain menyamakan dengan negara tetangga, upaya ini untuk menekan kecelakaan lalu lintas. Karena Swedia banyak sekali mobil impor setir kiri.  

6. Airbag Mobil 

Kanytung udara airbag mobil, akan mengembang dalam waktu 30 milidetik jika terjadi kecelakaan seperti tabrakan atau benturan keras. Komponen ini melindungi area vital seperti kepala, leher, dan dada. Selain di depan pengemudi, airbag ada yang terpasang di bagian penumpang.  

5 Fakta Unik Tentang Dunia Otomotif 

man’s hand on a Chevrolet steering wheel, driving a car Selective focus / close up from a man’s hand on a steering wheel in a rainy day Belo Horizonte,MG,Brazil 01/25/2020

Beberapa fakta unik mengenai dunia otomotif yang mungkin masih banyak beberapa diantara kita belum mengetahuinya, nah di dalam artikel ini kita akan membahas secara tuntas fakta-fakta tersebut. Biar gak makin penasaran, langsung aja simak pembahasannya sampai selesai! 

1. Mercedes Benz Mobil Bahan Bakar Bensin Pertama dan Tertua di Dunia 

Tapi proses pembuatannya tidak semulus itu, di tahun 1886 Karl Benz pencipta Mercedes Benz itu sudah membuat mobil dengan paten nama motorwagen. Tapi tidak berjalan dengan baik sehingga, di tahun 1926 bersama istrinya Berta Benz mempatenkan nama mercedes benz. Makannya gak heran kalau mercedes benz jadi merek mobil dengan fitur yang cukup advance dan terkenal di dunia. 

2. Lampu Lalu Lintas Pertama di Dunia ada di London pada Tahun 1991 

Kalau kalian lihat, lampu lalu lintas yang kalian temui d jalan itu sudah beroperasi secara elektronik namun pada zaman dulu tidak kaya begitu. Lampu lalu lintas pertama di dunia itu tahun 1914 di London inggris. Dulu pengoperasiannya sangat manual jadi ada operatornya yang lokasinya tidak jauh dari lampu lalu lintasnya. 

3. Volvo Adalah Penemu Three Point Seatbelt 

Selain dikenal sebagai produsen mobil yang kokoh seperti tank, ternyata volvo adalah pencipta three point seatbelt. Nah saking membantunya three point seatbelt ini, diperkirakan membantu menyelamatkan nyawa seseorang setiap enam detik.  

4. Surat Tilang Pertama Pada Tahun 1904 Karena Mengebut 18 km/Jam 

Siapa disini yang pernah kena tilang? Biasanya kita itu kena tilang jika melebihi batas kecepatan 80 km per jam di jalan biasa maupu di jalan tol. Tapi ini tidak berlaku di zaman dulu, surat tilang pertama itu di tahun 1904. Dikenakan kepada pengemudi yang dianggap mengebut karena melebihi kecepatan 18 km/jam. 

Kalau zaman sekarang sih itu sudah di klaksonin kayanya.  

5. Dashboard di Zaman Dahulu Berbentuk Peti Kayu 

Ternyata dashboard itu sudah ada pada zaman dahulu, zaman dahulu dashboard itu berbentuk peti kayu dan ditarik oleh kuda. Posisi dashboard ini ada di depan pengemudi, dan dashboard ini sebenarnya bukan tempat untuk menyimpan barang melainkan untuk menghindari cipratan lumpur yang datang dari jalanan. 

Mengulas Singkat Sang Supercar 90an, Mazda RX7

Salah satu mobil yang pernah menjadi ikon mobil balap atau supercar adalah mobil Mazda rx7. Anda mungkin masi ingat ketika mobil yang satu ini sering muncul di film-film yang bertemakan balapan liar seperti Fast and Fourius.

Anda tidak salah lihat, memang mobil ini begitu ikonik dan tak lekang hilang di telan zaman. Pastinya orang yang melihat mobil ini, baik dalam film, video atau pun melihat nya secara langsung. Pasti akan merasa terkagum dan meninggalakan kesan tersendiri.

Langsung saja, kita bahas sejarah singkat tentang semua mengenai mobil sportcar yang satu ini.

3 Seri Sang Mobil Sporty

Pertama, kita ketahui bahwa saking populer nya mobil yang satu ini. Ada 3 generasi yang pernah dirilis oleh Mazda sendiri.

Hal ini dilakukan agar bisa memenuhi kebutuhan pasar yang memang pada saat itu sangat menggemari mobil yang satu ini. Selain itu, Mazda sendiri membandroll harga yang terbilang cukup murah untuk satu unit mobil yang ini.

Hal ini juga membuat minat pasar semakin tergoda untuk membeli mobil-mobil dari Mazda, khusunya seri RX7 ini.

Seri pertama di rilis pada tahun 1979 sampai dengan tahun 1985.

Meskipun series pertama ini mempunyai bobot yang hampir menyentuih angka 1000kg. Namun, askelerasi mobil ini tidak bisa Anda anggap sepele. Mampu menyentuh angka 100km per jam dengan waktu yang sangat singkat adalah hal yang sungguh luar biasa untuk seukuran mobil sportcar sendiri.

Seri kedua dinamai dengan nama Mazda Rx7 FC.

Ada yang menarik dari seri ini, dirilis pada tahun 85 sampai dengan tahun 92. Sang kepala tim disain dari Mazda sendiri melakukan studi banding ke beberapa negara, untuk memperoleh evaluasi dan mengapa mazda RX7 sangat di terima oleh khalaya luas atau publik.

Icon lampu depan yang dimiliki seri ke 2 ini sangat berkesan bagi orang yang melihatnya buikan?

Seri ketika yakni Mazda RX7 FD adala seri penutup yang dirilis oleh mazda. Mobil ini di desain se aerodinamis mungkin dan hampir menyerupai lamborgini.