Komponen Pada Mobil F1 Ternyata Mahal Lho, Simak Yuk Ulasannya

Sering dijuluki sebagai jet darat, mobil-mobil yang digunakan di ajang Formula One memang melaju kencang layaknya sebuah pesawat jet. Betapa tidak, mobil tersebut dapat meraih kecepatan maksimal hingga diatas 350 km/jam.

 Untuk berlari secepat itu, satu unit mobil F1 dilengkapi ratusan komponen yang memiliki fungsinya masing-masing agar dapat memenuhi keinginan si pembalap dan timnya. Namun siapa sangka, selain menghabiskan ongkos riset yang tinggi, komponen yang menyusun mobil tersebut menjadi satu kesatuan juga dibanderol dengan harga fantastis.

Kali ini, kita bakal membahas komponen mobil termahal yang ada pada mobil F1 simak ulasannya sampai tuntas ya!

Mesin

Tentu di setiap kendaraam, mesin seperti jantung bagi manusia para teknisi bekerja siang malam untuk menemukan setelan yang pas agar monil dapat berlari sekencang mungkin. Salah satu yang menjadikan pembuatan mobil F1 sangatlah mahal adalah karena mesin tersebut tidak diproduksi secara masal. Tak seperti mesin mobil yang kamu gunakan sehari-hari ini termasuk biaya riset dan pengembangannya.

Satu unit mesin menghasilkan total biaya hingga 10,5 juta USD atau 152 milyar rupiah. Jika diibaratkan membangun mesin 1,6 liter turbochaged tersebut sama dengan kamu membeli satu kompleks perumahan kelas menengah. Namun harga begitu belum termasuk biaya tambahan lain, jika saja si pembalap merasa kurang sreg ia akan berdiskusi dengan mekanik untuk menemukan racikan yang sesuai dengan keinginannya.

Tangki Bahan Bakar

Dalam satu balapan mobil F1 diperbolehkan mengangkut 110 kg bahan bakar, tak seperti ajang balap lainnya regulasi F1 melarang pembalap masuk pit untuk melakukan pengisian ulang bahan bakar. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari kebakaran, karena proses pengisian yang terlalu cepat. Namun disisi lain tim juga memikirkan kemungkinan tersebut dengan membangun tangka bahan bakar seaman mungkin dengan kisaran harganya 2 milyar rupiah.

Setir

Sama seperti di mobil Anda, setir berfungsi untuk mengatur arah laju kendaraan nah jika mobil Anda memiliki fungsi tambahan seperti emmutar music favorit atau mentok-mentok mengatur informasi di panel instrument. Setir yang akan kita bahas kali ini sangatlah berbeda, nyaris semua control berada di setir.

Mulai dari control komunikasi radio, lalu mengganti gigi transmisi fitur pagestop hingga fitur mengatur sayap mobil untuk kestabilan dikendalikan dari sini. Meski setiap tim memiliki pengaturan yang berbeda namun biaya yang dikeluarkan tetaplah sangat mahal dengan fitur setir F1 yang memiliki puluhan tombol ini berada di kisaran 800 juta rupiah.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *