5 Fakta Unik Tentang Dunia Otomotif 

man’s hand on a Chevrolet steering wheel, driving a car Selective focus / close up from a man’s hand on a steering wheel in a rainy day Belo Horizonte,MG,Brazil 01/25/2020

Beberapa fakta unik mengenai dunia otomotif yang mungkin masih banyak beberapa diantara kita belum mengetahuinya, nah di dalam artikel ini kita akan membahas secara tuntas fakta-fakta tersebut. Biar gak makin penasaran, langsung aja simak pembahasannya sampai selesai! 

1. Mercedes Benz Mobil Bahan Bakar Bensin Pertama dan Tertua di Dunia 

Tapi proses pembuatannya tidak semulus itu, di tahun 1886 Karl Benz pencipta Mercedes Benz itu sudah membuat mobil dengan paten nama motorwagen. Tapi tidak berjalan dengan baik sehingga, di tahun 1926 bersama istrinya Berta Benz mempatenkan nama mercedes benz. Makannya gak heran kalau mercedes benz jadi merek mobil dengan fitur yang cukup advance dan terkenal di dunia. 

2. Lampu Lalu Lintas Pertama di Dunia ada di London pada Tahun 1991 

Kalau kalian lihat, lampu lalu lintas yang kalian temui d jalan itu sudah beroperasi secara elektronik namun pada zaman dulu tidak kaya begitu. Lampu lalu lintas pertama di dunia itu tahun 1914 di London inggris. Dulu pengoperasiannya sangat manual jadi ada operatornya yang lokasinya tidak jauh dari lampu lalu lintasnya. 

3. Volvo Adalah Penemu Three Point Seatbelt 

Selain dikenal sebagai produsen mobil yang kokoh seperti tank, ternyata volvo adalah pencipta three point seatbelt. Nah saking membantunya three point seatbelt ini, diperkirakan membantu menyelamatkan nyawa seseorang setiap enam detik.  

4. Surat Tilang Pertama Pada Tahun 1904 Karena Mengebut 18 km/Jam 

Siapa disini yang pernah kena tilang? Biasanya kita itu kena tilang jika melebihi batas kecepatan 80 km per jam di jalan biasa maupu di jalan tol. Tapi ini tidak berlaku di zaman dulu, surat tilang pertama itu di tahun 1904. Dikenakan kepada pengemudi yang dianggap mengebut karena melebihi kecepatan 18 km/jam. 

Kalau zaman sekarang sih itu sudah di klaksonin kayanya.  

5. Dashboard di Zaman Dahulu Berbentuk Peti Kayu 

Ternyata dashboard itu sudah ada pada zaman dahulu, zaman dahulu dashboard itu berbentuk peti kayu dan ditarik oleh kuda. Posisi dashboard ini ada di depan pengemudi, dan dashboard ini sebenarnya bukan tempat untuk menyimpan barang melainkan untuk menghindari cipratan lumpur yang datang dari jalanan. 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *