6 Fakta Menarik Seputar Otomotif yang Perlu Anda Ketahui 

Dunia otomotif memang tidak akan habis untuk terus di perbincangkan, mulai dari inovasin yang tebaru hingga teknologi yang semakin canggih.Tahukah Anda, segudang fakta menarik turut mengiringi dunia otomotif, dari dahulu hingga sekarang. Berikut ini beberapa fakta menarik di dalamnya.  

1. Mobil Bensin Pertama 

Mobil bahan bakar bensin pertama dikembangkan oleh Carl Benz pada tahun 1885. Insinyur otomotif asal Jerman ini menciptakan mobil 1 silinder denghan kecepatan 16 km per jam. Mobil ini memiliki bentuk yang unik seperti roda tiga. 

2. Konsep Mobil Listrik 

Ternyata konsep mobil listrik sudah ada sejak 1800 an, Anyos Istvan Jedlik merupakan salah seorang yang memiliki andil besar dalam mengembangkan inovasi mobil listrik. Pada tahun 1828. Penemu asal Hongaria ini membuat motor listrik untuk menggerakan kereta kudanya. 

3. Sinyal Lalu Lintas Listrik Pertama 

Cleveland Di Ohio, yang merupakan negara bagian AS ternyata merupakan Kota pertama di dunia yang memasang sinyal lalu lintas listrik. Sinyal listrik pertama tersebut di pasang di sudut Euclid Avenue dan East 105th pada tahun 1914 . 

4. Perjalanan Jauh Pertama 

Ternyata perjalanan jarak jauh di dunia ternyata di lakukan oleh Berta Bhenz bersama kedua anaknya, Eugen dan Richard pada tahun 1888. Istri Carl Benz dan kedua anaknya menempuh rute sejauh 180 kilometer dari Mannheim ke Pforzheim dan kembali pulang tanpa masalah. 

5. Mengubah Jalur Kendaraan 

Swedia merupakan negara yang pertama mengubah jalur rute dari kir ke kanan, hari pengubahan jalur tersebut di kenal dengan Hogertrafikomlagningen. Selain menyamakan dengan negara tetangga, upaya ini untuk menekan kecelakaan lalu lintas. Karena Swedia banyak sekali mobil impor setir kiri.  

6. Airbag Mobil 

Kanytung udara airbag mobil, akan mengembang dalam waktu 30 milidetik jika terjadi kecelakaan seperti tabrakan atau benturan keras. Komponen ini melindungi area vital seperti kepala, leher, dan dada. Selain di depan pengemudi, airbag ada yang terpasang di bagian penumpang.  

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *